Silsilah Kaidah; Aqidah dan Manhaj 11

Kaidah Kesebelas : Nama-Nama Alloh Ta’ala Menunjukan Kepada Sifat-Nya.  Dilalah Muthobaqoh, Tadzomun dan Iltizam.

أسماء الله تعالـى تدل على صفاته دلالة مطابقة وتضمنٍ والتزام

Penjelasan Kaidah : [1]

Pengertian dilalah; kata dilalah memiliki dua makna yang musytarok :

Pertama :

كون أمر بحيث يفهم منه أمر آخر

Sesuatu yang darinya dipahami sesuatu yang lain”.

Maksud dari kata : “ sesuatu ” yang pertama adalah : dal (Yang menunjukkan pada sesuatu yang dicari). Dan makna kata ” sesuatu ” yang kedua adalah madlul (Yakni : Hasil dari sesuatu yang ditunjukan oleh dalil).

Jadi makna dilalah adalah : “dal yang darinya dipahami suatu makna; sama saja dipahami dengan pasti atau pun tidak.

Kedua :

فهم أمر من أمر أي فهم المدلول من الدال أي فهم المعني من الدال بالفعل سواء

أكان الدال لفظاً أم غيره

“Memahami sesuatu dari sesuatu, yakni : Memahami madlul dari dal; Makasudnya : Memahami suatu makna dari dal dengan pasti; sama saja, apakah dal itu suatu lafadz atau pun yang lainnya[2].

Dilalah muthobaqoh : Penunjukan suatu lafadz atas seluruh maknanya. Seperti lafadz ‘rumah’, ia merupakan lafadz yang menunjukan pada dinding, lantainya dan atapnya. Lafadz ‘Zaid’, ia merupakan suatu lafadz yang menunjukan pada dzat dan sifat-sifatnya; karena kata ‘Zaid’ menunjukan atas hal tersebut secara muthobaqoh. Maka kata : asmaulloh (nama-nama Alloh) Ta’ala menunjukkan pada dzat dan sifat-Nya.

Dilalah tadzomun : Penunjukan lafadz atas bagian penamaannya. Dikatakan pula : Penunjukan lafadz atas sebagian maknanya: Seperti lafadz ‘rumah’, maka secara tadzomun lafadz rumah ini meliputi kepada satuan-satuan dari rumah tersebut; menunjukan pada dindingnya saja, lantainya saja dan atapnya saja. Dikatakan tadzomun karena ia merupakan bagian dari suatu pembahasan atau lafadz tertentu. Lafadz ‘Zaid’ yang menunjukan pada dzatnya saja atau pada sifatnya saja. Maka kata ‘asmaulloh secara tadzomun adalah menunjukan pada Dzat-Nya saja atau kepada sifatnya saja.

Dilalah iltizam : Penunjukan lafadz atas kelaziman[3] maknanya. Seperti lafadz ‘rumah’, lafadz ini secara iltizam menunjukan pada tukangnya, karena lafadz rumah secara lazim menunjukan kepada para tukang yang membangunnya. Lafadz ‘Zaid’, ia menunjukan kepada bapaknya dan ibunya. Maka asma’ulloh; seprti nama-Nya Al-Kholiq (Yang Maha Pencipta) menunjukan kepada sifat al-hayah secara iltizam; karena merupakan lawazim al-Kholqu (pencipta) adalah al-hayah[4] (Maha Hidup); karena al-mayit (yang mati) tidaklah menciptakan.

Kaidah ini merupakan bantahan kepada orang mu’tazilah yang menyatakan : Nama Alloh menunjukan kepada nama semata tidak mengandung sifat. mereka mengatakan : Nama Alloh al-‘Alim (Maha Mengetahui) namun tidak memiliki ilmu. Nama Alloh Al-Qodir (Yang Maha Mampu) namun tidak memiliki kemampuan, dan seterusnya.

Ibnu ‘Utsaimin rohimahulloh berkata (Al-Qow’idul Mutsla, beserta syarahnya ‘Al-Mujalla’ h.  92: “Kaidah keempat : Penunjukan nana-nama Alloh Ta’ala atas Dzat dan Sifat-Nya; bisa dengan muthobaqoh, tadzomun dan iltizam. Contohnya : (Al-Kholiq) menunjukan pada dzat Alloh dan sifatnya al-kholqu (mencipta) dengan muthobaqoh. Menunjukan kepada Dzat-Nya semata dan kepada sifat-Nya semata secara tadzomun. Menunjukan kepada sifat ilmu dan qudroh secara iltizam”.

***



[1] Lihat Al-Mujalla fi Syarhi Al-Qowa’id Al-Mutsla, Syaikhoh Kamilah, h. 797-117. Dar Ibnu Hazm1422\2002 M.

[2] Karena dilalah terbagi dua : lafdiyah dan selain lafdziyah.

[3] Lazim seacara bahasa adalah : sesuatu yang terlarang terpisahnya dari sesuatu tersebut.

[4] Suatu yang harus diperhatikan, tatkala kita menetapkan lawazim dari suatu nama Alloh, maka lawazim itu sendiri telah ditunjukan oleh dalil.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: