Silsilah kaidah; Aqidah dan Manhaj 1

بسم الله الرحمن الرحيم

Segala puji bagi Alloh Ta’ala, sholawat dan salam atas RosulNya sholallohu ‘alaihi wa sallam, dalam tuliasn berikut akan di sebutkan beberapa rumpun kaidah. Rumpun yang pertama adalah kaidah dalam aqidah dan manhaj, semoga bermanfa’at :

Kaidah Pertama : Ahlu Sunnah Wal Jama’ah Tidaklah Mengambil Keyakinan Mereka Kecuali Dari Al-Kitab dan As-Sunnah. Sedangkan Akal Merupakan Perantara Untuk Memahami Naql (Al-Kitab dan As-Sunnah).

أهل السنة والجماعة لا يأخذون معتقدهم إلا من الكتاب والسنة، والعقل وسيلة لفهم النقل

Penjelasan Kaidah :

Kaidah ini merupakan kaidah terpenting bagi madzhab Ahli Sunnah wal Jama’ah. Bahkan ia merupakan batas pembeda antara ahli bid’ah dengan ahli haq. Bagi ahli sunnah tidak ada ushul selain al-kitab dan as-Sunnah, darinyalah mereka membangun keyakinannya. Bahkan mereka membatasi aqidah mereka dari keduanya.

Di dalam al-Qur’an dan as-Sunnah terdapat petunjuk bagi orang-orang yang menginginkan kebenaran dan hidayah; Oleh karenanya, Alloh Ta’ala menjaga Ahli Sunnah wal Jama’ah dari kesesatan dan penyimpangan. Rosululloh bersabda :

تركـــت فيكم مــا إن تمسكتــم بـه لـن تضلــوا بعــدي كتـاب الله وسنتي

Aku telah meninggalkan sesuatu di tengah-tengah kalian, jika kalian berpegang teguh dengannya maka tidak akan sesat sepeninggalku, kitabulloh dan sunnahku“.

Engkau akan melihat keyakinan mereka kokoh sepanjang masa, tidaklah berubah-rubah warna. Keyakinan mereka merupakan keyakinan para sahabat. Mereka membangun aqidah mereka di atas sesuatu yang tidak ada kebatilan di dalamnya; Alloh berfirman :

ولو كان من عند غير الله لوجدوا فيه اختلافًا كثيرًا

Andaikan saja al-Qur’an ini datang dari selain Alloh, niscaya kalian akan mendapatkan pertentangan yang banyak di dalamnya“.

Dalil Kaidah :

{اتَّبِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ وَلا تَتَّبِعُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ قَلِيلاً مَا تَذَكَّرُونَ}

“Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya. amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya)”.

وَأَنَّ هَذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيماً فَاتَّبِعُوهُ وَلا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ ذَلِكُمْ

وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Dan bahwa (yang kami perintahkan ini) adalah jalan-Ku yang lurus, Maka ikutilah Dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), Karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalan-Nya. yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa”.

Hadits ‘Irbadh bin sariyah : …”Maka sesungguhnya, barangsiapa diantara kalian yang hidup setelah kematianku maka dia akan melihat perselisihan yang banyak, maka wajib bagi kalian untuk berpegang  dengan sunnahku dan sunnah al-khulafa al-mahdiyiin ar-rosyidin, berpegangteguhlah dengannya !, gigitlah dengan gigi gerham kalian !!, dan berhati-hatilah dari perkara-perkara yang baru. Maka sesungguhnya segala sesuatu yang baru adalah bid’ah dan seluruh bid’ah adalah sesat”. (HR. Abu Daud [4607], At-Tirmidzi [676] dan selain keduanya. Ini merupakan lafadz Abu Daud, At-Tirmidzi berkata : Hadits Hasan Sahih; Al-Albani berkata : Sahih.

Di dalam Sahih Muslim (767) dari Jabir bin Abdillah, beliau berkata : Bahwa Rosululloh –sholallohu ‘alaihi wa sallam– bersabda : “Amma ba’du, Maka sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah Kitabulloh dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad; Dan sejelek-jelek urusan adalah yang diada-adakan, (dan) seluruh bid’ah adalah sesat”.

Ahlu sunnah wal jama’ah menjadikan naql sebagai pokok dan akal sebagia sarana yang sangat penting untuk memahaminya, bahkan ia merupakan sarana terpenting untuk memahaminya. Oleh karenanya, barangsiapa yang hilang akalnya, maka taklif pun jatuh darinya.

***

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: